Quality Management System / ISO 9001:2015
Salah satu jaminan konsumen bahwa organisasi telah menjalankan Quality Management System (QMS) adalah sertifikasi ISO 9001:2015, dimana standar internasional ini mensyaratkan klausul-klausul yang harus ada (what to do) dalam organisasi. Tujuan yang diharapkan dari persyaratan-persyaratan tersebut yakni terpenuhinya kepuasan pelanggan terhadap produk/layanan yang diberikan. Namun seperti pisau bermata dua, persyaratan-persyaratan ISO 9001:2015 sering dianggap sebagai momok yang menambah beban pekerjaan. Oleh karena itu, organisasi membutuhkan ketangkasan dalam membangun QMS-nya yang terintegrasi dengan sistem yang ada dan tidak menjadi beban bagi pekerja maupun seluruh organisasi.
Tujuan
- Terpenuhinya kepuasan pelanggan melalui produk/layanan yang berkualitas
- Membangun QMS yang terintegrasi dengan sistem manajemen lainnya
- Memperoleh pengakuan internasional implementasi QMS melalui sertifikasi ISO 9001:2015
Manfaat
- Menciptakan komunikasi efektif yang melibatkan pimpinan puncak hingga level terbawah di dalam internal organisasi
- Mengembangkan dan meningkatkan kapabilitas organisasi dan orang-orangnya
- Meningkatkan kemampuan untuk melakukan antisipasi dan bereaksi terhadap risiko internal dan eksternal
- Meningkatkan efektifikas proses bisnis organisasi
- Pengelolaan rantai pasok (supply chain) yang baik sehingga menjamin stabilitas barang dan jasa.
Metode
kegitan dilakukan dengan 3 metode:
Desk Study
Interview
FGD
Workshop
Ruang Lingkup
Kami membangun QMS secara keseluruhan dalam organisasi Anda sehingga siap untuk menjalankan ISO 9001:2015. Selain itu, kami juga akan mengintegrasikan QMS dengan sistem manajemen lainnya, sehingga dokumen maupun pekerjaan tidak saling tumpeng tindih.